Bisnis Usaha Jasa Desain Aneka Rupa


A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan utama bisnis dan usaha ini adalah kemampuan mendesain. Selain itu, banyaknya ide juga menjadi modal dasar yang diperlukan dari seorang desainer. Misalnya desainer mode pakaian, bisa menggalinya dari aneka macam majalah mode, desainer rumah bisa mencari sumber di aneka majalah atau buku tentang rumah, desainer grafts, bisa menggalinya dari aneka aspek yang ada di sekelilingnya, dll. Untuk investasi pencarian ide dengan berlangganan internet atau aneka macam majalah bisa dianggarkan minimal per bulan Rp 100 ribu.
•     Siapkan kartu nama dan brosur yang berisikan tentang kemampuan desain apa saja yang Anda miliki.
•     Properti yang dianjurkan dimiliki para desainer ini adalah komputer. Sebab, saat ini teknologi komputer punya kemampuan yang bisa sangat menunjang kerja para desainer ini.
•     Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa mulai dari relasi dekat Anda. Namun, sangat disarankan Anda pasang iklan di media untuk lebih memperluas pasar Anda.
B.   Persiapan :
Siapkan aneka ragam contoh desain yang pernah Anda buat sebagai bukti kemampuan Anda pada calon pengguna jasa Anda. Buat katalog atau daftar portofolio jika memang perlu. Kebutuhan lain yang juga perlu Anda persiapkan adalah bagaimana Anda bisa memuaskan konsumen dengan layanan yang apik dan tepat waktu sesuai dengan permintaan. Sebab, keberlangsungan usaha ini memang sangat dipengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk biaya sewa kostum ini sangat relatif. Tergantung pada tingkat keindahan atau kesulitan yang ada dalam rancangan baju tersebut. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per hari jika kostum yang disewakan tergolong sulit perawatannya seperti baju pengantin yang banyak lipatan dan lekuk serta hiasannya.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sulit, tergantung kemampuan desainer.

Postingan terkait: