Bisnis Usaha Jualan Pecel Ayam dan Pecel Lele


A.  Modal dasar :
•    Kebutuhan dasar bisnis dan usaha ini adalah peralatan pernbuatan beserta bahan baku seperti lele, ayam, sayuran untuk lalapan, serta aneka bahan lain yang disesuaikan kebutuhan penunjang. Modal dasar bahan pembuatan ini sebenarnya juga tidak terlalu besar, paling berkisar Rp 200 ribu - Rp 300 ribuan, tergantung jumlah yang akan dibuat Untuk di awal guna mengetes pasar, jangan memasak terlalu banyak.
•     Jika ingin membuat di rumah Anda bisa membuka di teras rumah, namun jika ingin serius, Anda bisa pula menyewa lokasi strategis untuk usaha ini. Biaya sewa tempat di dekat keramaian sekitar Rp 150 ribu - Rp 200 ribuan. Siapkan kursi plastik, tikar, atau perkakas lainnya guna menampung pembeli.
•     Peralatan pembuatannya tak terlalu banyak yang perlu disiapkan. Tapi jangan lupa persiapkan juga aneka kebu­tuhan penunjang seperti piring atau tempat lain bagi mereka yang ingin membawa pulang.
•    Seperti usaha penjualan makanan lain, sangat dianjurkan jika pada awalnya Anda sendiri saja yang turun tangan guna mengetahui selera pasar. Namun, jika bukan Anda yang turun langsung, bisa cari orang lain untuk membantu.

B.  Persiapan :
Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda membukanya di lokasi yang cukup strategis, seperti daerah perumahan, terminal,
atau tempat keramaian lainnya. Untuk menambah variasi dan keuntungan, Anda bisa menambah variasi menu dengan menambahkan tahu dan tempe penyet. Selain itu Anda juga bisa sekaligus menjual minuman seperti teh botol atau minuman ringan lainnya.
Untuk menyeriusi usaha ini, jika sudah terlihat cukup ramai, Anda bisa membuat merek sendiri agar pecel lele Anda makin dikenal orang, misalnya dengan nama Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Satu porsi pecel lele biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 5.000,- an, sedang untuk pecel ayam Rp 7.000,- an. Untuk tambahan tahu atau tempe biasanya satu potong dihargai Rp 500,-.
Untuk minuman seperti es jeruk atau teh botol biasanya dijual seharga Rp 2.000,- an.
D. Tingkat kesulitan : Tergolong mudah.

Postingan terkait: