Bisnis Usaha Salon Kecantikan



A. Modal dasar :
•     Untuk memulai bisnis dan usaha salon ini, lokasi menjadi salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan. Akan lebih baik jika bertempat di pinggir jalan yang mudah dilihat dan dekat perumahan atau lokasi dekat mangkal anak muda.
•    Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha salon kecantikan ini cukup kompleks, mulai dari gunting rambut, pencuci rambut, dan aneka perkakas lain yang membutuhkan dana sekitar Rp 3 jutaan. Biaya ini cukup besar dibanding usaha potong rambut pria karena kecantikan untuk perempuan biasanya membutuhkan peralatan yang lebih beraneka ragam.
•    Pelengkap kebutuhan salon sehari-hari seperti shampo, conditioner, sabun, dll.
•    Perhitungkan biaya listrik dan air untuk kebutuhan operasional sehari-hari.
•    Karyawan minimal satu orang untuk membantu Anda.
•     Brosur promosi yang bisa ditempel di sekitar daerah perumahan atau kos-kosan.
B.  Persiapan :
Inti bisnis usaha ini adalah bagaimana mempercantik pelanggan yang datang. Karena itu, selain dibutuhkan keahlian untuk meramu potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah pelang­gan, perlu juga dipahami seluk beluk kecantikan lain yang bisa dimunculkan dari sang pelanggan. Layanan tersebut misalnya pengecatan rambut, pelurusan atau pengeritingan rambut, manikur dan pedikur, hingga pijat untuk releksasi tubuh. Makin lengkap layanan, makin senang pelanggan. Apalagi, jika model rambut yang di kuasai pegawai salon cukup trendi, biasanya pelanggan akan mudah berdatangan. Hal ini dikarenakan biasanya, seseorang dengan model rambut yang menarik pasti akan saling berpromosi di mana mereka mempercantik dirinya.
C.  Proyeksi pendapatan :
Perawatan salon kecantikan biasanya lebih mahal dari potong rambut pria karena melibatkan proses perawatan yang lebih kompleks. Biayanya bisa berkisar paling murah sekitar Rp 15 ribuan hingga ratusan ribu untuk layanan lengkap seperti creambath dan perawatan wajah. Meski saat ini usaha salon ini terlihat makin banyak, sebenarnya peluang menangguk untung dari usaha ini tetap ada. Ini dikarenakan perempuan masih banyak yang ingin tampil trendi dengan dandanan rambutnya. Apalagi jika Anda membidik anak-anak muda, mereka sangat respek dengan mode terbaru.
D. Ide jenis usaha lain :
Salon khusus anak, salon khusus wanita berjilbab, dll.
E.   Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, namun membutuhkan keahlian tertentu.

Postingan terkait: