Bisnis Usaha Jasa Merangkai Bunga dan Parcel

A. Modal dasar  :
•     Lokasi strategis di pinggir jalan menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk menawarkan bisnis dan usaha jasa ini. Sebab, jasa ini sangat dipengaruhi bentuk rangkaian yang Anda susun. Jika pelanggan melihat karya Anda cukup indah, biasanya mereka akan berdatangan sendiri.
•     Kebutuhan utama usaha ini kemampuan merangkai bunga dan menyusun parsel. Intinya yaitu bagaimana mengubah bunga atau bingkisan yang biasa-biasa saja menjadi lebih indah dan pantas untuk dijadikan hadiah.
•     Perhitungkan biaya pembelian bahan seperti isi parsel, keranjang, bunga, papan, vas, aksesoris lain.
•     Karyawan yang diperlukan di sini adalah mereka yang paham bagaimana menyusun bunga atau isi parsel men­jadi susunan yang indah.
•     Bila perlu Anda juga harus memiliki armada antaran yang bisa Anda tangani sendiri atau bekerjasama dengan usaha jasa antar tertentu.
•     Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa mulai dari relasi dekat Anda. Selain itu, Anda bisa membagi brosur atau pasang iklan di media.
B.  Persiapan :
Kalau bisa, ajaklah kerjasama dengan supplier bunga atau penyedia bahan parsel sehingga Anda pun bisa menekan ongkos penyediaan barang. Selain itu, biasanya kebutuhan rangkaian bunga dan parsel ini akan meningkat jika mendekati hari raya. Karena itu, rajinlah berpromosi jika mendekati hari-hari tersebut.
Anda juga tak perlu ragu untuk mencontoh aneka desain lain yang indah untuk meningkatkan nilai jual paket rangkaian bunga atau parsel Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Bisa dikatakan pendapatan usaha ini adalah murni didapat dari jasa penyusunan rangkaian itu sendiri. Makin indah rangkaian yang bisa Anda susun, makin mahal juga harga yang bisa Anda tawarkan. Biasanya bunga ditawarkan dari mulai harga Rp 10 ribuan untuk mawar cantik hingga ratusan ribu untuk bunga ucapan selamat atau belasungkawa. Sedang untuk parsel, biasanya harga mulai dari Rp 50 ribu hingga jutaan, terganrung isi parsel yang ditawarkan.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, namun membutuhkan kemampuan dasar tersendiri.

Postingan terkait: