Bisnis Usaha Jasa Pembelian Sembako atau Kebutuhan Lainnya


A. Modal dasar :
•     Bisnis usaha ini yang paling penting biasanya adalah akses kita kepada orang di sekitar perumahan yang mempunyai kebutuhan tertentu untuk dipenuhi. Sifatnya seperti layaknya jasa pembayaran tagihan, hanya saja ini Anda menggantikan antrian untuk pembelian barang sembako atau kebutuhan lainnya.
•    Karena hal ini berhubungan dengan sejumlah uang yang dipercayakan kepada kita untuk dibayarkan, maka diperlukan dasar kepercayaan kepada kita sebagai pemberi jasa. Atau jika Anda sudah dipercaya toko grosir yang jadi langganan, Anda bisa menggunakan sistem katalog bagi pelanggan Anda. Pembeli bisa membayar saat barang diterima.
•    Karyawan yang paling penting di usaha ini adalah orang yang dipercaya untuk mengantar dan membeli pesanan ini. Disarankan Anda menjalankannya sendirian dulu de­ngan modal kendaraan yang Anda miliki. Perhitungkan juga biaya bensin kendaraan Anda untuk menghitung berapa biaya operasional Anda sehari-hari.
B.  Persiapan :
Untuk jasa ini yang sangat diperlukan adalah kepercayaan dari pelanggan Anda. Karena itu, sebagai langkah awal ada baiknya Anda menawarkan jasa antar ini pada orang yang Anda kenal dekat terlebih dahulu atau di lingkungan tetangga sekitar Anda. Tapi kalau memang Anda sudah memiliki jaringan kenalan toko grosir yang percaya penuh pada Anda, ada baiknya Anda membuat katalog barang yang bisa dipesan atau dibeli. Lantas, setelah barang sampai di tangan pembeli, barulah sejumlah uang yang dibayarkan disetorkan pada toko grosir langganan Anda dikurangi biaya jasa antar Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk usaha jenis ini, Anda bisa menjual jasa sekali pembayaran minimal sekitar 10% - 20% dan nilai barang yang dibeli. Nilai ini bisa disepakati di awal atau bahkan kalau Anda sudah mempunyai katalog, langsung saja masukkan harga grosir plus jasa Anda di dalam katalog tersebut.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Postingan terkait: