Bisnis Usaha Jualan Siomay dan Batagor


A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan dasar bisnis dan usaha ini adalah peralatan pembuatan beserta bahan baku seperti ikan laut, tahu, telur, tepung, kacang serta aneka bahan lain yang disesuaikan kebutuhan penunjang. Modal dasar bahan pembuatan ini sebenarnya juga tidak terlalu besar, paling hanya sekitar Rp 200 ribu -Rp 300 ribuan, tergantung jumlah yang akan di buat. Seperti usaha makanan lainnya, di awal guna mengetes pasar juga dianjurkan jangan memasak terlalu banyak.
•     Jika ingin membuat di rumah Anda bisa membuka di teras rumah, namun jika ingin serius, Anda bisa pula menyewa lokasi strategis untuk usaha ini. Biaya sewa tempat di dekat keramaian sekitar Rp 150 ribu - Rp 200 ribuan. Jika ingin berkeliling, Anda juga bisa memakai gerobak bersepeda yang Anda pesan dengan biaya pem­buatan sekitar Rp 1 juta - Rp 1,5 jutaan.
•     Peralatan pembuatannya tak terlalu banyak yang perlu disiapkan. Tapi jangan lupa persiapkan juga aneka kebutuhan penunjang seperti piring atau tempat lain bagi mereka yang ingin membawa pulang.
•    Seperti usaha penjualan makanan lain, sangat dian­jurkan jika pada awalnya Anda sendiri saja yang turun tangan guna mengetahui selera pasar. Namun, jika bukan Anda yang turun langsung, bisa cari orang lain yang sebelumnya diajari cara meraciknya.
B.   Persiapan :
Sebagai langkah awaL, sebaiknya Anda membukanya di lokasi yang cukup strategis, seperti daerah pasar, dekat sekolah, terminal, atau tempat keramaian lainnya. Pertimbangkan juga jasa layanan antar sehingga konsumen bisa merasa dimudahkan. Untuk menambah variasi dan keuntungan, Anda juga bisa sekaligus menjual minuman seperti teh botol atau minuman ringan lainnya.
C.  Proyeksi pendapatan :
Satu porsi siomay atau batagor biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 2.500,- sampai Rp 5.000,- an. Harga ini bisa bertambah jika ada yang minta tambahan porsinya.
Untuk minuman seperti teh botol biasanya dijual seharga Rp 2.000,- per botol.
D. Tingkat kesulitan : Tergolong mudah.

Postingan terkait: