Bisnis Usaha Jasa Penerjemah


A.  Modal dasar :
     Modal dasar yang utama dari profesi jasa penerjemah adalah kemampuan bahasa asing yang memadai untuk menerjemahkan naskah.Bisnis usaha ini memiliki keunikan tersendiri.
    Modal lainnya adalah komputer yang bisa dimiliki sendiri atau bisa menyewa untuk mengetik ulang naskah yang Anda terjemahkan.
     Anda bisa mempekerjakan beberapa orang dengan aneka kemampuan bahasa untuk membantu Anda setiap kali ada proyek terjemahan dengan bahasa tertentu yang tidak Anda kuasai.
B.   Persiapan :
Dasar utama yang diperlukan di sini adalah kemampuan Anda mengenali isi naskah dan menerjemahkannya secara benar ke dalam bahasa kita atau sebaliknya. Untuk memulainya, tawarkan jasa ini pada relasi terdekat Anda dahulu. Biasanya jasa seperti ini pun promosinya dari mulut ke mulut. Tapi, bisa juga Anda perluas pasar dengan memasang iklan di media atau menempel beberapa poster.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biasanya jasa seperti ini dihitung berdasar jumlah halaman terjemahan. Bahasa yang umum, yakni Inggris biayanya lebih murah dari bahasa lainnya. Menerjemahkan naskah ke bahasa Indonesia juga lebih murah dibandingkan mener­jemahkan Indonesia ke bahasa asing. Biasanya ongkos terjemahan ke Indonesia dari bahasa asing per halaman paling murah Rp 1.500,- an.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong   sedang   karena   butuh   pengetahuan   dan pemahaman bahasa yang memadai.

Postingan terkait: