Bisnis Usaha Jasa Riset dan Penelitian


A.  Modal dasar :
     Modal dasar bisnis dan usaha yang utama dari profesi ini adalah kemampuan mencari, mengumpulkan obyek penelitian serta kemam­puan menganalisis data dan mengolah data. Selain itu, de­ngan metode yang tepat, data yang dihasilkan pun biasanya bisa dijual ke berbagai lembaga penelitian lain atau ditawarkan dalam bentuk buku.
     Sangat disarankan Anda punya kantor untuk jasa ini karena di sinilah Anda bisa berinteraksi dengan klien pemakai jasa Anda.
     Modal lainnya adalah komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data.
    Perluas pasar Anda melalui kerjasama dengan lembaga penelitian lain atau Lembaga Swadaya Masyarakat yang sering melakukan penelitian independen.
    Kalau perlu, koleksilah beberapa kliping yang Anda anggap bisa menjadi bahan rujukan untuk memperkaya data yang bisa disajikan hasil penelitian.
B.  Persiapan :
Dasar utama yang diperlukan di sini adalah kemampuan Anda mengumpulkan data penelitian dengan akurat, detail, dan tepat waktu. Makin bagus dan komprehensif data yang Anda hasilkan, makin dipercaya jasa Anda oleh orang atau lembaga lain.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya jasa ini biasanya sangat variatif tergantung pada obyek mana penelitian akan dilakukan. Biayanya bisa per proyek atau bisa juga dihitung per koresponden yang diteliti. Kalau per koresponden biasanya biayanya sekitar Rp 25 ribu - Rp 60 ribuan.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong sedang karena butuh pengetahuan ekstra tentang bidang yang diteliti.

Postingan terkait: