Bisnis Usaha Warung Telekomunikasi


A.   Modal dasar :
     Modal dasar yang utama dari bisnis usaha warung telekomunikasi adalah jaringan telepon yang kita bayar melalui PT Telkom atau saat ini bisa juga melalui Indosat.
    Modal lainnya adalah komputer dan printer untuk mencetak biaya pembicaraan.
    Perhatikan juga lokasi wartel, sebab, saat ini usaha wartel cenderung menurun karena orang sudah banyak yang memiliki handphone. Biaya sewa dan perbaikan ruangan bisa mencapai jutaan rupiah.
    Urus perijinan dan infrastruktur alat. Biayanya antara Rp 5 jutaan hingga Rp 30 jutaan untuk wartel dengan jumlah kamar beberapa.
B.  Persiapan :
Usahakan mendirikan lokasi wartel dekat daerah dengan banyak mahasiswa seperti kampus atau kos-kosan atau sekitar pasar, terminal, atau stasiun kereta. Jangan lupa, siapkan uang receh untuk memberikan kembalian bagi pengguna jasa ini.
C.  Proyeksi pendapatan :
Pendapatan usaha ini biasanya bagi hasil dengan perusahaan telekomunikasi yang bersangkutan. Biasanya kita mendapat sekitar 40% dari total pemasukan dari penggunaan telepon pada wartel kita. Namun, untuk lebih jelasnya tentang porsi pembagian hasil ini bisa ditanyakan ke telkom atau Indosat.
D. Tingkat kesulitan Tergolong mudah.

Postingan terkait: