Bisnis Usaha Pendidikan Taman Bermain


A.   Modal dasar :
    Pengetahuan dasar tentang mendidik anak.
    Alat bermain anak yang bisa disesuaikan dengan usia anak. Untuk mendatangkan berbagai peralatan ini dibutuhkan biaya yang sangat relatif, bisa kecil atau besar tergantung jenis permainan yang disediakan. Untuk awal, kira-kira peralatan itu bisa didatangkan dengan biaya sekitar Rp 3 jutaan.
     Karyawan yang diperlukan di sini adalah guru anak-anak yang sudah cukup terlatih. Jika perlu, datangkan psikolog anak-anak. Untuk keperluan ini, memang membutuhkan biaya ekstra tinggi. Sangat disarankan, untuk meminimalisir biaya, Anda bekerjasama saja de­ngan salah satu ahli anak dengan sistem bagi hasil.
     Biaya mengubah rumah menjadi lokasi taman bermain pendidikan anak bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung pada fasilitas apa saja yang ada di lokasi.
B.  Persiapan :
Untuk membuka bisnis usaha tempat pendidikan seperti ini, Anda dapat mulai memasarkannya dengan membagi brosur atau pamflet ke lingkungan perumahan. Anda bisa juga memasang iklan di media keluarga bila dirasa perlu.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk usaha pendidikan ini Anda bisa mengutip biaya bulanan Rp 50 ribu - Rp 100 ribuan. Uang masuknya bisa berkisar antara Rp 1 juta - Rp 3 jutaan. Batasi jumlah murid, misal 10-15 anak per kelas sehingga anak yang tinggal di situ juga merasa nyaman. Makin baik hasil didikan Anda, makin dipercaya Anda untuk pendidikan pra sekolah ini oleh para orang tua.
D. Tingkat kesulitan : Relatif sulit.

Postingan terkait: