Bisnis Usaha Penyewaan Lapangan Olahraga



A.  Modal dasar :
   Bisnis usaha seperti ini membutuhkan lahan yang cukup besar. Bagi Anda yang punya tanah kosong atau lahan di samping rumah yang belum dimanfaatkan, usaha ini dapat menjadi sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan pasif dari lahan tersebut.
     Karyawan yang diperlukan di sini hanya penjaga lapangan dan bila diperlukan bisa pula ditambah dengan pelatih olahraga yang dibayar langsung oleh penyewa.
   Peralatan lapangan sesuai dengan jenis olahraga lapangan yang ada, seperti shuttlecock untuk bulutangkis, bola tenis untuk tenis lapangan, net, atau peralatan lainnya.
B.   Persiapan :
Usaha ini relatif tidak terlalu sulit untuk dikembangkan. Apalagi jika lokasinya di sekitar perumahan atau perkantoran. Apalagi, usaha seperti ini biasanya tak perlu promosi karena yang datang biasanya sudah saling merekomendasikan antar teman. Namun, untuk lebih mudahnya, perlu juga melakukan penempelan poster promosi di sekitar lokasi yang sesuai target pasar.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk bisa menyewa lapangan olahraga, para penghobi olahraga bisa ditarik biaya sewa per jam. Bisa dipatok Rp 15 ribu/jam, atau bisa pula mematok Rp 10 ribu/jam. Bisa juga ditawarkan dengan harga paket. Maksudnya, si penyewa bisa saja bermain lebih dari satu jam. Misalnya dipatok dengan harga paket minimal 3 jam. Jadi kalau misalnya si penyewa kebagian jatah main di hari H pada pukul 5 sore sampai 8 malam, tiga jam jatah itu mau tidak mau harus dihabiskan. Untuk lapangan tertentu, seperti untuk tenis lapangan, futsal, bulu tangkis, bisa pula disewakan dengan harga sewa bulanan. Misalnya booking hari tertentu dengan jumlah jam sesuai kesepakatan, bisa ditarik biaya sewa Rp 300 ribu. Dengan jumlah efektif sewa rata-rata per hari 15 jam, plus jika kreatif membuka usaha sampingan seperti kantin atau menyediakan minuman segar selepas olahraga, usaha ini bisa terus berkembang.
C.  Ide jenis usaha :
Usaha lapangan bulu tangkis, futsal, tenis lapangan, tenis meja, kolam renang, dll.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif tidak terlalu sulit.

Postingan terkait: