Bisnis Usaha Reparasi Aneka Macam Barang



A.  Modal dasar :
•    Kemampuan servis aneka barang sesuai dengan jasa yang disediakan.
•    Peralatan bengkel perbaikan.
•    Karyawan ahli sesuai jenis jasa.
•    Brosur layanan yang disediakan.
B.   Persiapan :
Barang yang paling sering perlu tukang servis adalah pera­latan elektronik dan peralatan dapur. Karena itu, jika ingin menggeluti usaha ini usahakan sudah mempunyai tukang servis untuk melayani kerusakan barang-barang tersebut. Untuk menawarkan jasa ini, selain memasang spanduk layanan di sekitar lokasi, dapat pula dengan melakukan jemput bola menyebar brosur ke rumah-rumah di sekitar Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk usaha jenis ini, investasi yang utama adalah pengetahuan tentang kemampuan memperbaiki aneka kerusakan. Untuk itu, harga servis bisa disesuaikan dengan tingkat kesuli­tan perbaikan peralatan yang rusak tersebut. Makin sulit dan rumit, serta makin mahal suku cadangnya, makin mahal pula harga layanan yang diberikan.
Jika cukup kreatifj terutama apabila Anda punya teknisi den­gan kemampuan berbagai macam, Anda dapat pula member­lakukan sistem paket perawatan dan perbaikan perkakas rumah.
Misalnya per bulan pelanggan ditarik Rp 500 ribu untuk melakukan pengontrolan mingguan terhadap semua barang yang mungkin perlu perbaikan. Uang itu sudah termasuk perbaikan ringan semua perkakas. Namun, jika kerusakan cenderung berat, pelanggan masih bisa dimintai tambahan biaya tertentu sesuai jenis kerusakan tersebut Dengan cara itu, pelanggan akan dimudahkan karena semua kondisi barangnya akan terkontrol dengan lebih baik dan terjaga keawetannya.
D. Ide jenis usaha :
Perawatan AC, perbaikan peralatan elektronik rumah, servis alat komunikasi, servis komputer rumah, dll.
E.   Tingkat kesulitan :
Relatif sulit (perlu kemampuan khusus).

Postingan terkait: