Bisnis Usaha Laundry


A. Modal dasar :
•     Saat ini, jika ingin menyeriusi bisnis dan usaha laundry, sangat dianjurkan untuk mempunyai mesin cuci sendiri dengan kapasitas minimal 5 kilo. Harga mesin cuci ini bervariasi, tergantung merek dan kapasitas cucian. Di pasaran yang murah sekitar Rp 1 jutaan hingga yang bermerek sampai Rp 5 jutaan. Jika modal terbatas, bisa dimulai dari mesin yang murah dulu dengan jumlah cucian yang dibatasi karena mesin yang murah tingkat keawetannya juga tidak terlalu bagus.
•     Peralatan pelengkap seperti setrika listrik dan rak atau keranjang untuk menampung pakaian, sabun cuci, pewangi. Harus juga di ingat pembayaran listrik dan air yang juga perlu diperhitungkan.
•    Karyawan minimal satu orang untuk membantu Anda.
•     Brosur promosi yang bisa ditempel di sekitar daerah perumahan atau kos-kosan.
B.  Persiapan :
Usaha cuci pakaian ini relatif tidak terlalu sulit untuk ditekuni. Anda hanya perlu melakukan sejumlah promosi ke orang-orang untuk menggunakan jasa Anda. Makin bersih dan rapi pekerjaan Anda, biasanya orang pun akan makin percaya dengan usaha Anda. Apalagi, saat ini banyak orang yang ingin serba praktis, karena ini membuka usaha ini masih cukup prospektif hingga kapan saja.
Untuk menambah kenyamanan pelanggan, Anda juga bisa memberlakukan layanan antar jemput cucian dengan jumlah tertentu. Seiring dengan makin banyak pelanggan yang menggunakan jasa Anda, perlu dipikirkan juga untuk menambah jumlah mesin cuci dan pegawai.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk usaha ini, And bisa memberlakukan tarif per cucian atau paket kiloan. Bahkan, kadang untuk usaha yang membidik pasar mahasiswa, ada juga laundry yang menggu­nakan sistem pembayaran bulanan. Untuk tarif baju biasa, bisa mulai dari Rp 500,- an atau kurang. Untuk cucian yang berat, seperti jaket, celana jeans atau sprei bisa diberlakukan harga yang lebih tinggi per cucian. Untuk paket lima kiloan, Anda bisa menjual jasa sekitar Rp 20 ribuan atau lebih. Sedang jika paket bulanan, Anda bisa menawarkan paket jasa cucian Rp70 ribu per bulan dengan jumlah cucian maksimal satu stel pakaian per hari.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Postingan terkait: