Bisnis Usaha Cuci Karpet, Jok Mobil, Cuci Mobil, dan Kendaraan



A.  Modal dasar :
•     Siapkan lokasi yang cukup untuk menampung minimal dua mobil. Kalau halaman dekat rumah Anda tidak cukup, Anda bisa menyewa lokasi yang cukup strategis di sekitar perumahan, kantor, atau kampus.
•     Untuk membersihkan aneka kendaraan dan karpet ini, Anda membutuhkan kompresor guna membantu menyemprot air dengan kekuatan sembur tinggi untuk menjangkau bagian terdalam yang sulit dijangkau. Kompresor ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 2 jutaan hingga Rp 5 jutaan untuk yang ukuran besar.
•    Peralatan cuci seperti sabun atau shampo mobil, pengi-lat cat kendaraan, sikat, selang, dll.
•    Perhitungkan biaya listrik jika menggunakan pompa air listrik atau meteran air jika Anda menggunakan air PAM.
•    Karyawan minimal satu orang untuk membantu Anda.
•     Brosur promosi yang bisa ditempel di sekitar daerah perumahan atau kos-kosan.
B.   Persiapan :
Seperti bisnis usaha laundry, sebenarnya usaha ini relatif tidak terlalu sulit untuk ditekuni. Anda hanya perlu melakukan sejumlah promosi ke orang-orang untuk menggunakan jasa Anda. Makin kinclong hasil pekerjaan Anda, biasanya orang pun akan makin percaya dengan usaha Anda. Apalagi, saat ini banyak orang yang ingin serba praktis, karena ini membuka usaha ini masih cukup prospektif hingga kapan saja.
Untuk jasa cuci kendaraan, Anda perlu ekstra hati-hati. Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan agar tidak kemasukan banyak air sehingga menyulitkan saat menghidupkan mesin.
C.  Proyeksi pendapatan :
Rata-rata tarif cuci mobil yang berlaku saat ini sekitar Rp 15 ribuan dan Rp 5 ribu untuk motor. Cuci karpet bisa mulai seki­tar Rp 10 ribuan, tergantung jenis karpet yang dicuci. Anda bisa menerapkan harga khusus untuk layanan ekstra untuk semir mobil dan jok mobil.
D. Ide jenis usaha lain :
Cuci sofa, perawatan vernish ulang perkakas kayu rumah.
E.  Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Postingan terkait: