Bisnis Usaha Penyewaan Film dan Bioskop Mini



A.  Modal dasar :
•    Bisnis usaha ini tak membutuhkan tempat yang besar, karena itu cukup berlokasi di rumah pun bisa membuka layanan ini. Namun, jika Anda ingin serius, bisa juga menyewa dan menyulap ruko yang cukup strategis menjadi tempat usaha ini.
•    Yang paling utama dalam usaha ini adalah keberadaan film terbaru dan terlaris yang dijadikan koleksi untuk disewakan. Biaya membeli VCD original saat ini berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribuan. Sedang untuk DVD original Rp 75 ribu hingga dua ratus ribuan. Kemudian untuk memajang koleksi sehingga mudah dipilih biayanya mencapai sekitar Rp 2 jutaan. Untuk meminimalisir biaya pemajangan ini, Anda juga bisa memberikan katalog koleksi film daripada memajangnya.
•    Untuk memberikan fasilitas bioskop mini, setidaknya Anda perlu TV set lengkap plus sound system yang memadai. Biaya TV ukuran sekitar minimal 29 flat inch saat ini variatif, sekitar Rp 2,5 jutaan atau lebih. Untuk home theatre yang cukup nyaman di telinga, biayanya saat ini berkisar Rp 2,5 jutaan atau lebih. Makin bagus dan makin canggih TV dan peralatan untuk menunjang bioskop mini ini, makin mahal biaya yang kita keluarkan. Untuk menambah kenyamanan penonton, Anda juga bisa mendatangkan sofa set bagi penonton. Selain itu, untuk meredam kebisingan, perlu juga ruangan yang dibuat kedap suaravuntuk menambah kenyamanan penonton.
•     Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha ini tak perlu banyak, paling minim hanya satu penjaga persewaan dan operator bioskop mini.
•     Brosur promosi tentang koleksi film terbaru dan film yang akan diputar di bioskop Anda.
B.   Persiapan :
Usaha persewaan dan pemutaran film ini sebenarnya tak terlalu sulit dijalani. Yang perlu Anda perhatikan adalah identitas peminjam yang jelas sehingga Anda tak terlalu repot menagih jika peminjam belum mengembalikan pinjamannya. Katalog koleksi yang rapi juga bisa membantu Anda me-ngontrol semua koleksi film Anda. Kalau perlu, buatlah kartu keanggotaan.
Untuk bioskop mini, Anda bisa mempersiapkan beberapa judul pilihan minggu ini atau juga memberikan kebebasan bagi penyewa pribadi untuk memilih film kesayangannya. Anda juga bisa menerima pesanan untuk rombongan penon­ton bioskop Anda. Untuk menambah pemasukan, bisa juga Anda buat mini cafe untuk para penonton tersebut.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa film saat ini berkisar Rp 3 ribuan untuk satu VCD dan Rp 4-5 ribuan untuk DVD tergantung kebaruan dan kelarisan film yang dipinjam. Sedang untuk bioskop mini, Anda bisa memberikan harga penonton Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribuan per penonton. Demi nyamannya penonton, batasi jumlah penonton dalam sekali pemutaran, misalnya maksimal 10 orang. Anda bisa juga menawarkan paket tontonan keluarga, mahasiswa, atau paket lain yang intinya bagaimana memberikan kenyamanan kualitas bioskop ke ruangan Anda. Untuk menambah penghasilan, Anda bisa menawarkan menu makanan dan minuman pendamping saat menonton.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Postingan terkait: