Bisnis Usaha Sewa Buku dan Koran atau Majalah



A. Modal dasar :
•    Bisnis usaha ini tak membutuhkan tempat yang besar, karena itu cukup berlokasi di rumah pun bisa membuka layanan ini.
•     Sebagaimana persewaan film, yang paling utama dalam usaha ini adalah keberadaan buku terbaru dan terlaris yang  dijadikan  koleksi  untuk  disewakan.   Sedangkan untuk koran dan majalah bisa Anda sewakan untuk baca di tempat. Dalam hal ini, Anda bisa membentuk sebuah mini cafe untuk menambah nyaman taman bacaan Anda. Biaya buku baru sekarang berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribuan. Sedang biaya langganan koran dan majalah saat ini berkisar puluhan ribu per media. Untuk rak buku dan majalah, diperlukan biaya sekitar Rp 1 juta - Rp 2 jutaan.
•     Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha ini tak perlu banyak, paling minim hanya satu orang penjaga perse­waan dan satu pelayan cafe Anda.
•    Brosur atau selebaran promosi tentang koleksi buku ter­baru Anda.
B.  Persiapan :
Bisnis usaha persewaan buku ini sebenarnya tak terlalu sulit dijalani. Seperti juga persewaan film, Anda juga perlu memperhatikan identitas peminjam yang jelas sehingga Anda tak ter­lalu repot menagih jika peminjam belum mengembalikan pinjamannya. Katalog koleksi yang rapi juga bisa membantu Anda mengontrol semua koleksi film Anda. Kalau perlu, buatlah kartu keanggotaan.
Buat nyaman cafe baca Anda dengan musik ringan yang easy listening. Di beberapa tempat, taman bacaan dengan konsep mini cafe ini biasanya justru cafe-nya yang lebih banyak memberi masukan dibanding sewa bukunya. Karena itu, buatlah sebaik dan senyaman mungkin cafe taman bacaan Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa buku saat ini berkisar Rp 1.000,- hingga Rp 5.000,- an masa seminggu sewa tergantung kebaruan, kelarisan, dan kemahalan harga buku. Sedangkan untuk majalah dan koran, Anda tak perlu memungut bea sewa. Cukup beri tempat yang nyaman bagi mereka untuk baca di tempat dan Anda akan mendapat pemasukan dari mini cafe Anda. Untuk minuman teh botol Anda bisa menjual antara Rp 2.000,- sampai Rp 3.000,- an. Untuk kopi bisa mencapai Rp 5.000,- an. Guna menambah variasi, Anda bisa menjual juga jus buah dan sejumlah makanan kecil.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Postingan terkait: