Bisnis Usaha Salon Mobil



A.  Modal dasar :
•     Lokasi yang disiapkan setidaknya bisa menampung dua mobil. Namun, bisa juga ditawarkan alternatif lain seperti jasa salon mobil panggilan yang bisa dilakukan di lokasi pemilik mobil.
•     Sebagaimana salon untuk manusia, salon mobil ini juga berguna untuk memperindah kondisi mobil. Karena itu, peralatan utama yang dibutuhkan di sini biasanya adalah alat yang berhubungan dengan perbaikan cat mobil dan bodi mobil. Peralatan yang lengkap seperti cat semprot dan kompresornya, hingga berbagai kebutuhan lain membutuhkan biaya sekitar Rp 8 juta - Rp 10 jutaan.
•    Karyawan yang diperlukan di sini haruslah yang benar-benar mengerti tentang kondisi mobil.
•     Jika Anda ingin memperlengkap layanan, Anda bisa juga menjual berbagai aksesori mobil dan stereo system mobil beserta pemasangannya. Sudah tentu, untuk mendatangkan aneka aksesori pelengkap ini, modal yang Anda keluarkan juga cukup besar. Untuk itu, bisa saja Anda join dengan pengusaha aksesori lain untuk menambah kelengkapan usaha ini.
•     Brosur promosi yang bisa ditempel di sekitar daerah perumahan atau kos-kosan.
B.   Persiapan :
Inti dari usaha ini adalah bagaimana mengubah mobil biasa menjelma seperti layaknya mobil baru. Karena itu, perawatan dasar yang diperlukan untuk salon mobil biasanya adalah yang berhubungan dengan bagian paling luar kendaraan, yakni bodi mobil. Untuk itu, layanan yang diberikan jasa salon ini biasanya pengecatan ulang, ketok bodi mobil, atau semir mobil beserta penambahan stiker atau aksesori lain yang berguna mempercantik mobil.
Jika usaha Anda terus berkembang, Anda bisa juga bekerjasama dengan pihak lain untuk memperindah apa yang ada di dalam mobil, seperti penggantian jok mobil, penambahan sound system, dll. Semakin lengkap layanan yang bisa Anda berikan, apalagi dengan konsep layanan satu atap, pelanggan akan merasa semakin dimudahkan.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biasanya, salon mobil pasti juga merangkap cuci mobil. Untuk layanan khusus cuci saja, Anda bisa memperlakukan harga Rp 15 ribu. Kemudian untuk perawatan lengkap bisa sampai pengecatan ulang dan memperindah bodi mobil bisa ditawarkan biaya sekitar Rp 300 ribuan atau lebih. Biaya yang ditawarkan ini sudah tentu menyesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dibutuhkan untuk memperindah mobil.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sulit (butuh keahlian tertentu terutama untuk memperbaiki bodi mobil).

Postingan terkait: