Bisnis Usaha Sewa Tempat Food Bazaar


A. Modal dasar :
•    Yang dibutuhkan dalam bisnis dan usaha ini adalah lokasi yang cukup luas dan strategis, misalnya lahan kosong di sekitar kampus, atau lokasi lain di sekitar daerah pertokoan.
•     Yang perlu dipersiapkan lainnya adalah bangunan yang dibagi-bagi dalam beberapa konter atau jika tidak permanen dan ingin rneminimalisir biaya, bisa juga dalam bentuk partisi dari kayu, bambu, dan bangunan sederhana lain.
•    Jangan lupakan promosi. Sebab, selain lokasi yang strate­gis, tempat makanan aneka rupa seperti ini tetap membutuhkan penyebaran informasi.
•     Jangan lupakan juga ijin usaha agar orang yang menyewa konter Anda pun merasa nyaman dan tak perlu repot mengurus masalah perijinan.
B.  Persiapan :
Yang penting disiapkan dalam usaha ini adalah bagaimana membuat lokasi Anda diketahui dan didatangi orang. Sebab, makin banyak orang yang datang ke lokasi, makin senang pula penyewa konter Anda. Kalau perlu, ciptakan momen khusus, misalnya live music, hiburan lain untuk menarik pengunjung. Selain   itu,   agar  Anda   merasa   nyaman   mengelola, tawarkan sistem sewa paket, misalnya tiga bulanan dengan sistem bayar di muka. Hal ini perlu untuk kepastian Anda agar lokasi food bazaar tersebut tetap ramai.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa food bazaar ini beraneka macam, semua itu bergantung pada strategis dan luas lokasi,. Makin bagus, makin mahal. Anda bisa mulai menyewakan per petak dari Rp 150 ribuan per bulan hingga jutaan jika memang lokasinya sangat strategis seperti di dalam mal. Untuk menambah penghasilan, ada baiknya Anda memberlakukan sistem di mana si penyewa hanya menyediakan makanan. Sedangkan minuman Anda harus membeli di kon­ter milik Anda. Dengan begitu, sudah pasti pemasukan dari minuman dapat menambah kocek Anda.
D. Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Postingan terkait: