Bisnis Usaha Sewa Komputer, Laptop Kerja dan Pengetikan Dokumen


A. Modal dasar :
•    Dalam beberapa kondisi, ada keperluan perkantoran yang sifatnya sementara. Nah, untuk meminimalisir biaya, kantor seperti itu biasanya memilih menyewa properti seperti komputer dan laptop kerja. Karena itu, Anda bisa menawarkan bisnis dan usaha jasa ini pada mereka dengan modal laptop atau komputer yang Anda miliki.
•    Untuk beberapa hal, dengan kemampuan komputer yang Anda miliki, ini dapat menjadi modal untuk menawarkan jasa pengetikan dokumen atau untuk keperluan lainnya bagi mereka.
•    Biasanya usaha seperti ini sifatnya hanya dari informasi dari mulut ke mulut, karena itu ada baiknya Anda mendata kembali jaringan relasi yang Anda miliki untuk menawarkan jasa ini.
B   Persiapan :
Usaha ini sebenarnya hanyalah sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya yang ada di rumah yang Anda miliki. Daripada komputer atau laptop hanya sekadar jadi alat bermain game, lebih baik Anda berdayakan untuk disewakan bagi relasi Anda yang membutuhkan jasa pengetikan dokumen. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah bagaimana agar semua dokumen yang dipercayakan kepada Anda dapat selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.
Namun, jika komputer atau laptop yang mereka pinjam, pastikan kondisinya terlebih dahulu. Buat perjanjian di awal agar jangan sampai ada masalah di belakang jika terjadi sesuatu pada komputer atau laptop Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk sewa komputer bisa diperlakukan tarif jam-jaman bagi penyewa individu, atau bulanan bagi penyewa perusahaan. Bea sewa per jam biasanya berkisar Rp 1.500,-an bagi individu. Jika untuk kantor, perhitungkan tingkat penanganan dan perawatannya. Anda bisa menawarkan harga mulai Rp 1 jutaan untuk komputer PC dan Rp 2 jutaan per bulan untuk laptop. Jika memang Anda ingin menekuni pengetikan dokumennnya saja, Anda bisa menawarkan jasa ini dengan biaya berkisar Rp 2.000,- sampai Rp 3.000,-an per halaman ketik spasi normal. Jika membutuhkan grafis yang cukup sulit, atau jika perlu desain lainnya, Anda dapat menawarkan harga yang lebih mahal bagi mereka.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif tinggi tingkat risiko (sewa komputer dan laptop), sedangkan pengetikannya relatif sedang (bergantung pada kemampuan yang Anda miliki).

Postingan terkait: