Bisnis Usaha Katering


A. Modal dasar :
Kebutuhan dasar bisnis dan usaha ini adalah aneka macam peralatan masak yang bisa menghasilkan masakan dalam jumlah besar. Biaya investasinya bisa dari puluhan hingga ratu­san juta rupiah. Bahkan, Anda pun perlu berbagai macam peralatan penunjang seperti kendaraan pengantar makanan, lemari es dan pengawet makanan, piring, gelas, dll., yang investasinya memang tergolong besar.
•     Jika perlu ikuti kursus tata boga atau masuk asosiasi jasa boga sehingga Anda dapat menggali ilmu tentang ini dari rekan sesama anggota.
•    Perhitungkan biaya mendatangkan bahan baku makanan yang cukup besar. Selain itu perhitungkan juga biaya listrik untuk operasionalisasi alat-alat.
•    Siapkan katalog menu berdasar harga dan jenis masakan.
•     Karyawan utama yang perlu Anda pekerjakan di sini adalah koki dan beberapa tenaga cabutan yang bisa bertambah seiring dengan meningkatkan pesanan.
•     Jangan lupakan promosi, apalagi jika mendekati momen seperti banyaknya acara pernikahan atau hajatan.
B.  Persiapan :
Sebagai langkah awal, cobalah tawarkan usaha memasak ini pada lingkungan sekitar Anda dahulu, seperti untuk arisan ibu-ibu, pertemuan RT Dari sana, jika masakan Anda memang biasanya akan mulai ada order.
Langkah berikutnya, tawarkan contoh masakan ke gedung gedung pernikahan, biasanya jika cocok mereka akan jadi semacam agen yang bisa jadi media promosi saat akan ada yang menggunakan gedung mereka untuk pesta.
Cara lainnya cobalah tawarkan masakan Anda ke lingkungan perkantoran. Tawarkan menu yang variatif untuk makan siang. Menu yang variatif dan enak biasanya akan membuat mereka mau merekomendasikan ke mana-mana,  Begitu seterusnya, asal telaten usaha ini tanpa Anda sadari akan terus berkembang.
C.  Proyeksi pendapatan:
Pendapatan di katering ini sebenarnya tak terlalu besar jika di hitung satuan. Namun, karena orderan katering biasanya dalam jumlah banyak, keuntungan yang sedikit itu bisa menjadi berlipat. Untuk satu paket makan siang untuk kantor satu kiriman biasanya Rp 5 ribu - Rp 10 ribuan. Sedang untuk menu pesta berkisar Rp 10 ribu - Rp 50 ribuan.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong cukup sulit mengingat harus benar-benat tepat dalam menentukan komposisi dan jumlah masakan.

Postingan terkait: