Bisnis Usaha Jasa Perawatan Sepatu


A.  Modal dasar :
•     Peralatan utama yang dibutuhkan dalam bisnis dan usaha di sini adalah semir sepatu dan perkakas lain guna perawatan dan perbaikan sepatu. Biaya aneka peralatan tersebut cukup murah, hanya berkisar ratusan ribu rupiah.
•    Untuk   usaha   ini   diperlukan   orang  yang  mengerti
bagaimana memperbaiki sepatu.
B.   Persiapan :
Untuk menggeluti usaha ini diperlukan ketelatenan dalam memperbaiki sepatu yang rusak seperti jebol atau sol yang sudah aus. Untuk mengembangkan usaha ini, Anda juga dapat menawarkan sistem paket perawatan sepatu menyeluruh. Anda tinggal mencari konsumen di lingkungan perumahan yang mau menjadi pelanggan Anda. Misalnya, sebulan sekali Anda datang untuk merawat semua sepatu yang pelang­gan miliki dengan biaya yang sudah disepakati sebelumnya.
C. Proyeksi pendapatan :
Ongkos jasa untuk usaha ini relatif tidak terlalu mahal. Khusus jasa semir saja Anda bisa mengutip bayaran Rp 1-000,- hingga Rp 2.000,- per pasang sepatu. Kemudian untuk ongkos perawatan dan perbaikan, tergantung tingkat kerusakan sepatu. Biayanya dari sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribuan. Untuk paket perawatan bulanan, tawarkan jasa sebulan Rp 200 ribu. Ada atau tidak yang rusak, biaya itu sudah menjadi milik Anda. Kemudian kalau rusaknya ringan, Anda tak perlu memungut bayaran lagi, tapi jika berat, Anda perlu mengutip bayaran lebih.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang karena membutuhkan keterampilan tertentu.

Postingan terkait: