Bisnis Usaha Servis Handphone dan Jasa Lain Menyangkut Handphone


A. Modal dasar :
•     Modal  dasar yang paling dibutuhkan dalam bisnis dan usaha  di  sini  adalah; keahlian memahami seluk beluk tentang handphone. Jika perlu,  ambil  kursus  yang menyangkut keahlian perbaikan handphone.
•     Lokasi usaha yang cukup strategis juga diperlukan meskipun tidak mudah. Biaya sewanya berkisar Rp 500 ribu ke atas untuk sewa bulanannya.
•     Untuk jasa seperti pembuatan ringtone Anda memerlukan   perangkat   komputer  yang  cukup   memadai. Biayanya sekitar Rp 5 jutaan. Perhitungkan juga biaya listrik dan aneka kebutuhan perlengkapan lain.
•     Karena cukup rumit, usaha ini perlu karyawan yang memahami benar tentang handphone.
•     Brosur layanan dan sesekali Anda juga perlu memasang iklan di media tentang jasa yang Anda tawarkan.
B.  Persiapan :
Usaha seperti ini biasanya langsung didatangi konsumen jika memang lokasi Anda strategis. Namun, untuk memulainya, ada baiknya Anda menawarkan jasa perbaikan ini pada relasi Anda. Untuk promosi tentang apa saja yang bisa Anda lakukan terhadap handphone, ubah atau rekayasa handphone yang Anda miliki dengan kekhasan tertentu sehingga menarik orang untuk memiliki aksesori atau kemampuan sejenis. Makin unik dan menarik, biasanya Anda akan makin dicari. Dari sinilah pelan-pelan Anda akan terus mendapatkan pasar.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk mengisi ringtone biasanya dikutip biaya Rp 5 ribu, name Rp 10 ribu. Sedang untuk jasa lain mengikuti tingkat kesulitan dan kerumitan hal yang ditangani dalam handphone itu sendiri. Apalagi jika rusak, sudah tentu biaya perbaikan akan menjadi pemasukan tersendiri bagi Anda.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sulit, membutuhkan ketrampilan dan ketelatenan yang cukup tinggi.

Postingan terkait: