Bisnis Usaha Konsultan


A.  Modal dasar :
    Dalam bisnis dan usaha ini kemampuan akademis atau pengalaman empiris selama bekerja atau belajar dari guru-guru lain.
    Modul pelatihan, kaset, buku, CD. Untuk tahap awal, Anda bisa mencetaknya sendiri atau jika punya modal lumayan, bisa ke jasa percetakan. Biaya berkisar Rp 2 jutaan.
    Kartu nama perusahaan.
    Database calon klien sasaran.
   Sewa kantor, bisa virtual office dengan sekretaris yang bisa membantu menjelaskan tentang jenis konsultasi Anda. Biaya kantor ini bisa mencapai sekitar Rp 1 juta -Rp 2 jutaan per bulan.
    Karyawan yang diperlukan saat awal hanya perlu administrasi dan yang utama adalah rekan yang bisa mem­bantu jasa konsultasi ini.
B.  Persiapan :
Untuk menjadi seorang konsultan, usahakan Anda memulai dari jaringan yang Anda miliki, misalnya mulai dari kantor lama, atau rekan lain. Setelah mulai berjalan, jadikan proyek-proyek awal menjadi pilot project untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kesuksesan program konsultasi yang Anda buat. Jika sukses, jadikan itu sebagai bahan promosi untuk menawarkan jasa Anda ke perusahaan atau klien lainnya. Jika belum terlalu sukses, Anda harus bisa segera mengevaluasi di mana kekurangan Anda dan memperbaikinya di konsultasi berikutnya. Sebagai media promosi, Anda dapat memulai dengan bekerjasama melalui media rnassa dengan membuat rubrik tanya jawab seputar masalah yang Anda kuasai. Ingat, media massa adalah salah satu senjata ampuh promosi Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk jasa konsultan ini Anda dapat mengadakan pelati­han yang sifatnya masal atau per orangan. Jika sifatnya masal, kira-kira 20 orang, Buat saja pelatihan setengah hari atau sehari. Setengah hari bisa dihitung per orang Rp 350 ribu, sehari bisa Rp 600 ribu. Semakin sering pelatihan masal ini Anda lakukan, ini bisa menjadi modal positif untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain tentang kemampuan Anda memberikan konsultasi. Apalagi jika Anda sudah punya rubrik rutin tanya jawab di sebuah media, ini akan menarik klien-klien perorangan yang tentu harganya bisa Anda tentukan berdasar jam konsultasi, misalnya satu jam konsultasi Rp 300 ribu. Ingat, harga ini akan sangat bergantung pada tingkat keberhasilan dan tingkat kepercayaan orang atau perusahaan yang memakai jasa Anda. Semakin Anda dipercaya, tarif Anda pun bisa makin besar.
Maka, jika dalam sebulan Anda mengadakan pelatihan di dua perusahaan saja, dengan jumlah peserta masing-masing 20 orang per pelatihan, paling tidak Anda sudah mengantongi keuntungan Rp 14 juta minus beberapa potongan lain seperti pajak dan biaya marketing.
D. Ide jasa konsultan :
Konsultan pendirian usaha kecil, konsultan sekolah ke luar negeri, konsultan kredit bank, konsultan SDM, konsultan psikologi anak masalah anak muda, konsultan masalah agama, konsultan hukum warisan, dll.
E.   Tingkat kesulitan : Tergolong tinggi.

Postingan terkait: