Bisnis Usaha Pusat Oleh oleh


A.  Modal dasar :
    Faktor lokasi biasanya perlu diperhitungkan untuk mendatangkan konsumen.
     Biaya dekorasi ruangan display oleh-oleh yang bagus dan eye catching bisa mencapai sekitar Rp 5 juta - Rp 10 juta. Biaya ini bisa menjadi besar jika oleh-oleh yang Anda jual berupa barang khas kerajinan daerah karena ini membutuhkan ruangan yang cukup besar.
     Buat spanduk atau penunjuk lokasi yang besar sehingga dapat menarik tamu wisatawan untuk membeli pada toko Anda.
     Karyawan yang diperlukan di sini hanyalah penjaga toko yang Anda pekerjakan dengan gaji tetap sesuai upah mi­nimum daerah setempat
    Jika Anda menginginkan menjadi bisnis usaha pusat oleh-oleh yang lengkap, dari makanan hingga kerajinan dan membu­tuhkan biaya cukup besar, sangat disarankan Anda mencari rekan kerja yang bisa diajak kerjasama dengan sistem bagi hasil.
    Jangan lupa juga urus ijin usaha ke dinas terkait.
B.  Persiapan :
Setelah semua lengkap, Anda harus rajin berpromosi untuk mendatangkan pelanggan. Datangkan barang atau produk pengisi toko langsung dari penghasilnya sehingga Anda bisa mendapat harga yang relatif murah. Ingat, menjual oleh-oleh layaknya menjual barang ritel, sedikit untung tapi dengan pembelian banyak juga akan menghasilkan keuntungan yang berlipat pula.
C.  Proyeksi pendapatan :
Hitung biaya harga jual berdasar kebutuhan operasional sehari-hari plus perhitungkan dengan perkiraan berapa yang harus terjual agar mencapai nilai break event point (BEP).
D. Tingkat kesulitan : Tergolong sedang.

Postingan terkait: