Bisnis Usaha Pelatihan Usaha


A.  Modal dasar :
     Kemampuan yang diperoleh dari pengalaman empiris tentang bidang bisnis dan usaha yang dimiliki dan akan diajarkan.
     Modul pelatihan, kaset, buku, CD yang berisikan tentang latar belakang usaha yang akan Anda ajarkan.
     Database klien dan jaringan usaha atau data-data tentang organisasi usaha untuk networking lulusan pelatihan ini.
     Tempat pelatihan bisa dilakukan secara informal di tempat-tempat tertentu yang Anda sewa. Karena ini sifatnya adalah ilmu yang aplikatif, ada baiknya Anda memberikan kesempatan praktek bagi peserta pelatihan Anda sesuai bidang yang diambilnya. Akan lebih mudah jika mereka praktek langsung di usaha yang langsung Anda miliki. Namun, Anda juga bisa bekerjasama dengan perusahaan lain yang bidangnya sama dengan minat peserta yang bisa digunakan untuk mempraktekkan lang­sung ilmunya.
    Jika usaha ini terus berkembang, ada baiknya Anda segera mengurus perijinan ke departemen pendidikan sehingga tempat kursus Anda pun akan lebih bonafide. Untuk menambah keabsahan usaha ini, Anda juga bisa join de­ngan organisasi usaha tertentu sehingga pelatihan Anda ini akan direkomendasikan oleh organisasi tersebut.
    Karyawan untuk usaha ini bisa dimulai dengan satu orang administrasi dan beberapa pengajar yang sebisa mungkin juga diambil dan orang-orang yang punya pengalaman usaha di bidangnya.
B.   Persiapan :
Untuk membuka pelatihan kewirausahaan ini, carilah bidang usaha yang benar-benar Anda kuasai atau setidaknya Anda pernah menggeluti usaha tersebut. Hal ini perlu untuk menunjukkan kredibilitas Anda. Atau, Anda bisa juga bekerjasama dengan orang lain yang punya keahlian sesuai dengan bidang usaha yang akan Anda ajarkan. Tentu, jika ini pilihan Anda, hal ini akan memerlukan biaya tersendiri. Namun, untuk meminimalisasi biaya ini, Anda bisa bekerjasama dengan orang tersebut dengan sistem bagi hasil. Buat kesepakatan perjanjian yang adil dengan rekan Anda tersebut. Kemudian, setelah jelas, Anda bisa mulai melakukan promosi di media massa, atau media lain yang sekiranya tepat untuk pasar yang Anda bidik untuk usaha ini. Untuk menentukan media yang tepat, Anda bisa melihat-lihat di toko buku atau majalah, media mana saja yang fokus pada masalah kewirausahaan ini. Kemudian untuk modal yang dibutuhkan sangat relatif, tergantung kursus pelati­han apa yang Anda buka.
C. Proyeksi pendapatan :
Untuk usaha pelatihan usaha ini Anda dapat mengadakan pelatihan yang sifatnya masal atau privat. Jika sifatnya masal, buka saja kelas misal untuk 10 orang dulu. Bisa dibuka kursus intensif satu minggu penuh untuk materi ringan atau paket berapa bulan untuk pelatihan yang butuh keahlian khusus. Pelatihan dasar tentang kewirausahaan yang ringan bisa dengan biaya per orang Rp 1 juta. Untuk yang intensif dengan praktek pelatihan langsung di bidang usaha yang diminati, bisa mencapai biaya paket Rp 5 jutaan. Untuk paket pelatihan yang lengkap, bisa diberikan usaha kecil alternatif untuk prak­tek langsung. Dengan perhitungan biaya Rp 5 juta, sekitar Rp 2 jutanya bisa digunakan untuk membuka usaha kecil misal, jualan burger, bakso, atau usaha lain yang tidak membutuhkan dana besar dan praktek terlalu rumit.
D. Ide usaha pelatihan :
Pelatihan Event Organiser, pelatihan usaha desain grafis, pelatihan usaha makanan, pelatihan usaha kerajinan, dll.
E.   Tingkat kesulitan : Tergolong tinggi.

Postingan terkait: