Bisnis Usaha Tempat Bimbingan Belajar


A.   Modal dasar :
     Kemampuan akademis atau pengalaman empiris tentang bidang yang akan diajarkan di tempat bimbingan belajar.
     Modul pelatihan, papan tulis, serta peralatan mengajar lainnya. Untuk tahap awal, Anda bisa mencetak modul sendiri dengan cara memfotokopi sesuai jumlah murid pada tahap awal. Jika jumlah murid terus berkembang, Anda bisa mulai membakukan kurikulum pengajaran kursus Anda dengan mencetak modul ke percetakan. Untuk awal, modal yang dikeluarkan kira-kira Rp 1 jutaan.
    Selebaran untuk ditempel di sekolah-sekolah.
     Sewa tempat bimbingan belajar. Alternatif lain, Anda bisa merintiskan dengan memberikan bimbingan belajar dari rumah ke rumah. Bisa sifatnya private, atau bisa mengundang sekaligus beberapa anak untuk dibimbing di salah satu rumah peserta bimbingan. Selain itu, Anda juga bisa mulai dari garasi rumah Anda. Namun jika terus berkembang, Anda bisa mulai menyewa tempat yang lebih besar dengan biaya sewa bulanan, kira-kira berkisar Rp 1 jutaan.
     Jika usaha ini terus berkembang, ada baiknya Anda segera mengurus perijinan ke departemen pendidikan sehingga tempat bimbingan belajar Anda pun akan lebih bonafide.
     Karyawan yang diperlukan di awal adalah bagian administrasi untuk mencatat pembukuan usaha. Selain itu karaywan yang diperlukan adalah mentor-mentor yang mengajarkan materi berdasar kemampuannya. Untuk mentor pengajar ini bisa dicari dari mahasiswa di universitas sekitar lingkungan usaha.
B.   Persiapan :
Untuk membuka bimbingan belajar, carilah materi pelajaran yang benar-benar Anda kuasai. Hal ini perlu untuk menunjukkan kredibilitas Anda. Atau, Anda bisa juga beker­jasama dengan orang lain yang punya keahlian sesuai dengan materi lainnya. Sangat disarankan Anda bekerjasama dengan orang lain dengan keahlian bidang pelajaran lain sehingga materi bahan ajar jadi makin beraneka. Bila perlu, ajarkan semua materi yang diujikan untuk kenaikan kelas atau kelulusan masuk ke perguruan tinggi.
C. Proyeksi pendapatan :
Sebagaimana disebut di awal, untuk usaha bimbingan belajar ini Anda dapat mengadakan bimbingan yang sifatnya masal atau privat. Jika sifatnya masal, buka saja kelas misal untuk 5 sampai 10 orang dulu. Bisa dibuka bimbingan intensif dua bulan sebelum masa ujian atau setahun penuh sebelum ujian masuk perguruan tinggi. Jika yang sifatnya pri­vate, bisa diberikan lengkap semua materi yang diujikan atau bisa hanya beberapa materi yang dianggap sulit. Untuk yang sifatnya privat, Anda bisa mulai dengan harga Rp 50 ribu per bulan per materi. Sedang untuk yang sifatnya masal dengan kelas khusus, Anda bisa melihat dari modal dasar 1 yang Anda butuhkan atau paling gampang contoh saja biaya bimbingan belajar di tempat lain. Dari harga ini Anda bisa memperkirakan berapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari usaha ini. Sedikit saran, kredibilitas bimbingan belajar itu sangat ditentukan dengan tingkat keberhasikn siswa bimbingan mendapat sekolah knjutan yang favorit. Karena itu, sebagai awal, Anda harus bisa benar-benar jeli melihat kemampuan siswa agar bisa diarahkan untuk mencapai hasil yang diinginkannya. Jika ia ingin masuk perguruan tinggi favorit, arahkan yang sesuai dengan kemampuan akademiknya yang paling menonjol Melalui pola seperti itu, diharap dengan tingkat kepercayaan yang makin meningkat dapat membuat usaha Anda semakin mudah memperoleh murid. Keuntungan pun akan makin meningkat seiring jumlah murid yang terus bertambah.
D. Tingkat kesulitan : Tergolong sedang.

Postingan terkait: