Bisnis Usaha Jasa Desainer dan Konstruksi Rumah


A.  Modal dasar :
    Modal dasar bisnis dan usaha yang utama dari profesi ini adalah kemam­puan untuk mendesain dan membangun rumah agar men­jadi indah dan jadi sesuai dengan yang diinginkan klien. Untuk itu diperlukan kemampuan arsitektur dan manajemen pembangunan rumah agar rumah yang dijadikan proyek dapat selesai tepat waktu dengan hitungan dana yang pas dan menguntungkan.
    Siapkan brosur atau kartu nama yang memuat tentang kemampuan dan jasa apa saja yang bisa Anda perbuat untuk membantu mengembangkan rumah klien. Siapkan juga kantor sekretariat yang bisa dijadikan base camp untuk kunjungan klien Anda sehingga setiap saat orang bisa datang untuk sekadar konsultasi atau sekaligus membangun rumahnya.
     Perangkat yang Anda butuhkan di sini jika hanya sebagai konsultan arsitek hanya bermodalkan ide plus gambar yang biayanya cukup ringan. Namun, jika Anda memberikan jasa secara lengkap hingga proses pembangunan rumah, biaya alat-alat yang diperlukan cukup besar, karena itu disarankan Anda join dengan rekanan yang biasa menangani pembangunan perumahan dengan sistem bagi hasil. Anda juga harus benar-benar cermat menghitung berapa keperluan dana untuk membangun rumah pesanan yang Anda buat.
    Untuk karyawan yang dibutuhkan di sini adalah arsitek dan beberapa pekerja bangunan yang bisa Anda kontrak per proyek.
B.   Persiapan :
Dasar utama yang diperlukan di sini kemampuan membangun rumah secara apik dan tepat waktu. Perhitungan yang detail guna meminimalkan risiko kesalahan tentang berapa jumlah dana yang dibutuhkan dalam membangun rumah juga sangat diperlukan di sini.
Sebagai langkah awal, Anda bisa mulai mengenalkan jasa ini pada lingkungan yang memang mengenal Anda terlebih dahulu. Semakin banyak dan bagus portofolio tentang bangunan yang Anda buat, biasanya makin gampang Anda mencari klien baru.
C.  Proyeksi pendapatan :                                           
Kemampuan ini hanya Anda sendiri yang bisa menghargai berapa harga jasa yang perlu dibayar oleh klien Anda. Tapi, bisa juga Anda bisa juga menawarkan paket lengkap pembangunan rumah hingga selesai, biayanya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per proyek dipotong jumlah kebutuhan yang harus dibayar untuk pembangunannya.
Anda bisa juga menawarkan perbaikan ringan renovasi untuk mempercantik rumah dengan biaya yang relatif lebih murah, namun tetap menguntungkan bagi Anda. Harap diingat, tingkat inflasi yang berkembang harus benar-benar diperhitungkan agar Anda jangan sampai merugi akibat kenaikan harga bahan bangunan yang fluktuatif.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong tinggi, butuh keahlian yang tak sembarangan bisa ditekuni orang.

Postingan terkait: