Cara Meraih Puncak Sukses



Puncak sukses adalah impian bagi setiap orang.Sering kita ikut tersenyum bangga dan berdecak kagum ketika membaca atau mendengar kisah tentang orang orang terkenal yang telah berhasil mencapai puncak itu.
Lalu bagaimana dengan kita ini? Akankah puncak sukses itu tetap menjadi sekedar impian kita? Tidak,sebab puncak sukses sebenarnya bukan sebuah impian ilusi bagi seseorang yang bertekad untuk meraihnya.Jadi,orang dapat mencapainya bila ia mau mempersiapkan dirinya dan bisa meniti tangga yang memang mengarah ke sana.
Berikut sikap dan karakter yang bisa menuju puncak kesuksesan:

1.Mencintai apa yang dikerjakan.
   Orang orang sukses umumnya menjadi begitu asyik bila diajak berbincang bincang tentang pekerjaannya.Mereka umumnya memang mencintai apa yang mereka kerjakan.Linus Pauling,seorang ilmuwan pemenang haidah nobel menyatakan keheranannya bahwa "keasyikannya bermain main" ternyata mendatangkan hadiah paling bergengsi yaitu hadiah nobel untuknya.Memang orang orang yang dapat merasakan banyak kepuasaan dari apa yang dikerjakannya akan melakukan pekerjaan itu dengan sebaik baiknya.Bagi mereka batas bekerja bukanlah jam bekerja melainkan batas kelelahan.Saat mereka merasa lelah itulah saat nya mereka harus beristirahat atau berhenti bekerja.

2.Mengembangkan dan membina kompetensi.
   Kompetensi adalah rasa tanggung jawab profesional.Untuk mengembangkan dan membina kompetensi tidak hanya talenta yang dibutuhkan melainkan juga diperlukan dedikasi terhadap pekerjaan,kemampuan mengatur atau mengorganisasi dan selalu mempelajari cara cara yang lebih baik.Seseorang yang walaupun memiliki kecakapan hebat tetapi tidak mempunyai dedikasi terhadap pekerjaan apalagi ditambah tidak mampu mengatur pekerjaan dan enggan mencari cara cara yang lebih baik maka tak akan pernah berhasil meraih puncak sukses.

3.Menghargai dan mengatur penggunaan waktu.
   Orang orang sukses adalah mereka yang sangat menghargai waktu.Tak pernah mereka membuang waktu secara percuma.Mereka mengisi waktu mereka dengan melakukan bermanfaat untuk diri nya sendiri maupun orang lain.

4.Berjiwa pantang mundur.
   Peraih puncak sukses adalah mereka yang tak pernah merasa gagal atau kalah.Dalam menghadapi kegagalan mereka selalu berkomentar "Ini bukan kegagalan tetapi belum berhasil".Seorang peraih sukses adalah orang yang pantang mundur atau menyerah.Orang sukses tidak pernah membiarkan sesuatu yang sangat ingin dilakukan terlewat begitu saja tanpa berkali kali mencoba.

5.Mengembangkan kemampuan berkonsentrasi.
   Seorang sukses tidak pernah membiarkan perhatiannya berlarut larut terpecah pada banyak hal.Sesudah ia melihat seluruh medan nya kemudian ia memilih sisi yang paling bagus lalu segenap perhatiannya ia curahkan pada pilihannya.Jika kita menginginkan sukses besar dalam suatu bisnis usaha memang tak ada pilihan lain kecuali berkonsentrasi penuh pada pada usaha itu.Hindari hal hal yang membuyarkan konsentrasi kita.

6.Berani mengambil resiko dan memanfaatkan peluang yang ada di depan mata.
   Banyak orang tidak pernah maju dalam hidupnya karena selalu takut untuk mengambil resiko dan memanfaatkan peluang.Peluang memang selalu ada di hadapan kita tetapi untuk meraihnya dituntut resiko.Peluang memang tidak pernah mau sabar menanti orang yang ragu.Resiko memang harus diperhitungkan dari segala sisi tetapi perhitungan bila sudah ditentukan maka harus cepat dijalankan tanpa ragu.

Inilah nasehat dari Roberto Goizueta,bos besar Coca Cola "Anda tak bisa menunggu sampai orang lain membuatkan jalan untuk anda.Melangkahlah,buat jalan untuk diri anda sendiri.Mungkin anda akan tersesat,membuat kekeliruan,tetap terus melangkah dan pada akhirnya anda akan berhasil sampai ke tujuan yang anda inginkan.Ciptakan jalan untuk anda sendiri menuju puncak sukses"


Salut +Usaha Sampingan

Postingan terkait: