Sarana Penunjang Untuk Perencanaan Bisnis Usaha



Bagi mereka yang ingin melakukan perencanaan dan merasa kurang mampu,dibawah ini ditunjukkan cara-cara untuk membantu berhasilnya rencana yang diinginkan:

1.Belajarlah dari pengalaman orang lain.
   Mereka yang ingin membuka atau memulai sebuah bisnis usaha,jangan segan segan belajar kepada mereka yang lebih berpengalaman dan berhasil baik.Tanyalah berbagai persoalan,tentang kesulitan,bagaimana mengatasinya,bagaimana mendapatkan keuntungan dan lain lain.Singkatnya apa suka dukanya orang tersebut dalam menjalankan perusahaan itu.

2.Lakukan berbagai penelitian (riset)
   Telitilah keadaan bahan baku/bahan mentah,transportasi,tenaga kerja,alat,pemasaran.Ambillah kesimpulan dan bandingkan dengan pengalaman orang lain.

3.Rajinlah mengikuti perkembangan keadaan.
   Tidak ada hari yang sama seperti hari hari sebelumnya.Bacala buku,majalah,koran ataupun dengarkan siaran,resmi pemerintah melalui radio,TV dan lain lain.Keadaan bisa berubah secara mendadak tetapi bisa juga berubah sedikit dalam waktu yang lama.Pelajarilah sebab sebabnya.

4.Ketahuilah semua peraturan yang berlaku.
   Pelajarilah peraturan yang berlaku terutama yang menyangkut bidang usaha yang anda pilih.Kalau kurang jelas,tanyalah pada pejabat atau instansi yang berwenang.

5.Jika diperlukan pengetahuan tertentu jangan segan segan untuk belajar.
   Walaupun hanya untuk mengetahui secara umum saja,berbicaralah dan belajarlah dengan yang ahli yang menguasai bidang bisnis usaha tersebut.

6.Kalau perusahaan memerlukan untuk menggunakan mesin,adakanlah penelitian.
   Jangan lupa juga untuk meminta nasihat dari mereka yang ahli sebelum menentukan pilihan bidan bisnis usaha.Mesin atau alat alat biasanya mahal harganya karena itu penanaman modal di sektor ini harus benar benar tepat.Hitung beapa kapasitas mesin dan cocokkan dengan rencana produksi.Berapa lama mesin tahan dan berapa biaya operasi dan perawatannya.

7.Bagaimana keadaan tenaga kerja di daerah itu.
   Pelajari juga tingkat pendidikan/pengetahuan yang terjadi dan tingkat upah yang berlaku di daerah tersebut.

8.Pelajari sarana pengangkutan yang ada.
   Pelajari faktor frekuensinya,tarif angkutannya dan tingkat keamanannya.

9.Kenalilah selera masyarakat,kebiasaan mereka,perubahan mode dan sebagainya.
   Pentngnya untuk mengenali hal hal tersebut karena kondisi suatu daerah mungkin berbeda dengan daerah daerah lainnya.

10.Kenalilah barang sejenis yang ada di pasar.
   Bandingkanlah barang barang itu dengan barang yang kita jual ataupun produksi.


Jangan malas untuk menambah pengetahuan secara terus menerus dan singkatnya,belajarlah dan bacalah referensi dari banyak sumber.


Postingan terkait: