Bisnis Usaha Jualan Bakmi dan Nasi Goreng


A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan dasar bisnis dan usaha ini adalah peralatan pembuatan beserta bahan baku seperti beras, mie, daging, serta aneka bahan penunjang lainnya. Modal dasar bahan pembuatan ini sebenarnya tidak terlalu besar, setidaknya sekitar Rp 200 ribu - Rp 300 ribuan, tergantung jumlah yang akan dibuat. Untuk di awal guna mengetes pasar, jangan memasak ter­lalu banyak. Untuk mencari rasa paling pas, selain belajar dari buku masakan, Anda juga bisa bertanya pada orang yang sudah berpengalaman membuka usaha ini.
•     Jika ingin membuat di rumah Anda bisa membuka di teras rumah, namun jika ingin serius, Anda bisa pula menyewa lokasi strategis untuk usaha ini. Biaya sewa tem­pat di dekat keramaian sekitar Rp 150 ribu - Rp 200 ribuan. Jika ingin berkeliling, Anda juga bisa memakai gerobak yang Anda pesan dengan biaya pembuatan seki­tar Rp 1,5 jutaan.
•     Peralatan pembuatannya tak terlalu banyak yang perlu disiapkan. Tapi jangan lupa persiapkan juga aneka kebutuhan penunjang seperti piring atau tempat lain bagi mereka yang ingin membawa pulang.
•    Seperti usaha penjualan makanan lain, sangat dianjurkan jika pada awalnya Anda sendiri saja yang turun tangan guna mengetahui selera pasar dan mengetes rasa yang sudah Anda buat apakah bisa diminati orang. Sebab, tak
jarang orang yang sudah cocok dengan mie atau nasi goreng buatan Anda akan merekomendasikan masakan Anda ke orang lain.
B.   Persiapan :
Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda membukanya di lokasi yang cukup strategis, seperti daerah perumahan, pasar, alun-alun, atau tempat keramaian lainnya. Pertimbangkan juga jasa layanan antar sehingga konsumen bisa merasa dimudahkan. Untuk menambah variasi dan keuntungan, Anda juga bisa sekaligus menjual minuman seperti teh botol atau minu­man ringan lainnya.
Untuk menyeriusi usaha ini, jika sudah terlihat cukup ramai, Anda bisa membuat merek sendiri agar mie dan nasi masakan Anda makin dikenal orang, misalnya dengan nama Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Satu porsi mie atau nasi goreng biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 4 ribu - Rp 10 ribuan. Biasanya harga ini makin mahal seiring dengan makin dikenalnya kelezatan rasa masakan Anda. Jika memang sudah cukup dikenal, ada baiknya Anda memilih jualan di tempat sehingga orang akan lebih mudah menemukan warung Anda.
Untuk minuman seperti teh botol biasanya dijual seharga Rp 2.000,- per botol.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong mudah.

Postingan terkait: