Bisnis Usaha Jualan Makanan Kesehatan dan Makanan Diet


A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan dasar bisnis dan usaha ini adalah peralatan dapur untuk pengolahan makanan yang biayanya bisa Anda desain tergantung pada kebutuhan dan kemampuan Anda. Untuk yang lengkap, biasanya biayanya mencapai puluhan juta rupiah.
•     Usaha seperti ini sangat disarankan dibuka di lokasi yang strategis dengan luas yang cukup menunjang. Biaya sewa tempatnya bisa mencapai Rp 1 juta - Rp 2 jutaan per bulan. Sangat dianjurkan Anda mengembangkan usaha ini layaknya restoran sehingga orang pun akan lebih merasa nyaman mengkonsumsi makanan yang Anda buat. Sebab, pembeli makanan kesehatan dan diet biasanya cukup sensitif dengan tingkat kebersihan lokasi penjualan.
•     Persiapkan bahan mentah untuk pembuatan makanan ini yang bisa Anda beli di agen khusus bahan makanan sehat. Untuk memulai, bisa menggunakan bahan dasar sekitar ratusan ribu hingga Rp 1 jutaan, tergantung jenis makanan apa yang Anda racik. Perhitungkan juga biaya listrik dan air untuk menunjang operasional usaha Anda.
•     Usaha seperti ini perlu dipromosikan. Selain bisa dengan melakukan layanan antar sebagai layanan tambahan, bisa juga dengan memasang iklan di media atau promosi dari mulut ke mulut.
•     Usahakan rekomendasi dari departemen kesehatan tentang kualitas makanan yang Anda miliki.
B.   Persiapan :
Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda membukanya di lokasi yang cukup strategis dan cukup elit karena konsumen makanan ini biasanya tinggal di daerah kelas menengah ke atas. Pertimbangkan juga untuk menitipkan produk Anda ke toko lain dengan sistem retur jika memang Anda sudah memiliki merek tersendiri.
C.  Proyeksi pendapatan :
Harga makanan seperti ini biasanya cukup mahal jika dibandingkan dengan makanan biasa seperti yang sering kita makan sehari-hari. Untuk mengantisipasi agar bisa mendapatkan konsumen, Anda bisa bekerjasama menjadi pengolah makanan untuk rumah sakit. Biayanya bisa per paket makanan, misalnya mulai dari Rp 20 ribu per menu.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong sulit, butuh kemampuan mengolah bahan dan marketing yang cukup sulit.

Postingan terkait: