Bisnis Usaha Bengkel Mobil dan Motor


A.  Modal dasar :
     Yang diperlukan di sini adalah lokasi yang cukup strategis dan tempat yang cukup luas untuk menampung kendaraan yang Anda servis. Biaya sewa tempat dan perbaikan lokasi bisa mencapai antara puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung lengkap dan besar atau tidak bengkel yang Anda kelola.
     Yang dibutuhkan di sini juga adalah mekanik yang handal yang mengerti berbagai jenis mesin. Kalau perlu sekolahkan sang mekanik untuk mengenal mesin lebih jauh. Jika belum mampu memberi gaji yang cukup banyak, Anda bisa mengajak seorang mekanik senior untuk jadi rekanan Anda dengan sistem bagi hasil. Selain berfungsi sebagai tenaga handal, ia juga bisa menularkan ilmunya pada mekanik junior lain yang Anda rekrut.
    Persiapkan berbagai macam alat penunjang bengkel dan spare part yang biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
     Buat papan yang membuat orang bisa mengetahui keberadaan bengkel Anda sebagai sarana promosi. Selain itu perlu juga sebar brosur di komunitas penggemar otomotif. Apalagi jika Anda punya ahli yang bisa memodifikasi kendaraan, ini bisa menjadi nilai tambah bagi bengkel Anda.
B.   Persiapan :
Dasar utama yang diperlukan di sini kemampuan mengenali masalah yang dihadapi mesin kendaraan. Makin paham Anda dengan mesin dan makin bagus hasil servis Anda, makin Anda dicari orang. Apalagi jika kemampuan Anda mengubah dan memodifikasi kendaraan dapat menjadi nilai tambah, ini akan bisa meningkatkan daya saing bengkel Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Kemampuan ini hanya Anda sendiri yang bisa menghargai berapa harga jasa yang perlu dibayar oleh pelanggan Anda. Namun biasanya untuk servis ringan biayanya berkisar puluhan ribu rupiah untuk motor dan ratusan ribu untuk mobil. Untuk jasa lain seperti modifikasi, biayanya sudah tentu lebih mahal. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih dari hasil penjualan spare part yang ada di bengkel milik Anda.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong tinggi, butuh keahlian yang tak sembarangan bisa ditekuni orang.

Postingan terkait: