Bisnis Usaha Warung Internet dan Game Center


A.  Modal dasar :
  Yang diperlukan untuk bisnis usaha warung internet dan game center ini adalah komputer dengan kemampuan memadai plus jaringan internetnya. Biaya satu komputer rata-rata mulai dari Rp 5 jutaan. Sedang biaya untuk jaringan internet rata-rata mencapai Rp 3 juta - Rp 5 jutaan per bulan, tergantung jaringan apa yang Anda pakai. Biaya pemasangan jaringan juga harus Anda hitung benar-benar di awal.
     Perhitungkan biaya listrik dan telepon untuk jaringan jika Anda membuka usaha ini.
    Untuk menambah keuntungan, Anda juga bisa melayani pesanan download file ke CD atau juga membuka kantin kecil.
   Karena biaya investasi usaha ini cukup besar, sangat disarankan untuk bekerjasama dengan rekanan Anda dengan sistem bagi hasil.
B.  Persiapan :
Selain mencari lokasi yang strategis di lokasi keramaian, Anda juga bisa membuka usaha ini di sekitar kampus. Anda juga bisa menawarkan jasa sewa ini dengan menyebarkan bro­sur atau dengan menawarkan peminjaman sistem paket.
C.  Proyeksi pendapatan :
Harga sewa internet saat ini berkisar antara Rp 3 ribu -Rp 15 ribuan. Yang mahal ini jika Anda membukanya di lokasi seperti di dalam hotel atau mal. Sedang untuk game center biasanya berkisar Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,- an. Pendapatan tambahan bisa diperoleh dengan membuka pesanan minuman seperti teh botol atau kopi guna menemani penyewa bermain.
D   Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Postingan terkait: